First Indonesia-China Coal Summit (ICCS) 19-20 maret 2013                      "Bagi BPPT, Reformasi Birokrasi merupakan perubahan mendasar, mendesak dan menjadi keharusan yang melibatkan seluruh pegawai"                      Penerimaan Pegawai BPPT 2012 - http://lowongan.bppt.go.id

PERKUAT MATRA UDARA INDONESIA

Pengamatan udara dalam kaitannya menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah negara merupakan suatu keharusan, terlebih lagi dengan luas wilayah Indonesia yang begitu luas. Tersebarnya pulau-pulau Indonesia ditambah dengan luasnya wilayah perairan menjadikan pengamatan udara satu-satunya solusi yang efektif.

“Terdapat beberapa poin yang dijadikan dasar kami dalam mengembangkan Pesawat Udara Nir Awak (PUNA). Pertama, untuk menjawab kebutuhan akan pengawasan wilayah Indonesia, baik di hutan, perbatasan, maupun perairan laut. Kedua, untuk mendorong kemandirian bangsa, terutama dari segi industri dan pengembangan teknologi,” jelas Kepala Bidang Teknologi Hankam Matra Udara, Pusat Teknologi Industri Hankam BPPT, Mohamad Dahsyat, Rabu (28/04).

Lebih jauh Dahsyat mengatakan, PUNA ini tidak hanya ditujukan untuk penggunaan militer saja tetapi juga untuk keperluan nir militer. “Dengan PUNA, kita dapat mendeteksi kebakaran hutan yang terjadi. PUNA juga dapat dimanfaatkan dalam melakukan pengamatan saat terjadi bencana, yang tidak mungkin dilakukan melalui darat”.

Dengan teknologi yang diaplikasikan pada PUNA, wilayah-wilayah pengamatan dapat menjangkau daerah yang sebelumnya tidak terlihat. Dengan monitor yang dipasangkan dalam PUNA, pemberi kontrol dapat secara langsung melihat dan mengarahkan pesawat ke tempat yang diinginkan.

“Perkembangan teknologi didunia sudah sangat pesat berkembang. Banyak negara-negara lain yang juga mengembangkan pesawat sejenis, bisa dikatakan pesawat nir awak telah menjadi trend dunia. Dengan potensi-potensi yang dimiliki Indonesia, saya optimis PUNA dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan matra udara Indonesia, khususnya dari segi air surveillance”, ungkap Dahsyat. (YRA/humas)

Â


Newer news items:
Older news items:

Add comment


Security code
Refresh

JL. MH.Thamrin no.8 , Jakarta Pusat 10340