First Indonesia-China Coal Summit (ICCS) 19-20 maret 2013                      "Bagi BPPT, Reformasi Birokrasi merupakan perubahan mendasar, mendesak dan menjadi keharusan yang melibatkan seluruh pegawai"                      Penerimaan Pegawai BPPT 2012 - http://lowongan.bppt.go.id

FASILITAS UJI BTMP SIAP DUKUNG PENGEMBANGAN INDUSTRI OTOMOTIF NASIONAL

“Sebagai salah satu industri nasional yang berkembang sangat pesat dengan produksi kendaraan roda empat mencapai 837.948 unit dan roda dua sebesar 8,006,293 unit, industri otomotif nasional harus bisa bersaing secara global yang berarti harus juga memenuhi isu-isu global antara lain isu lingkungan. Karena itu selain harus berkualitas tinggi dan dapat memenuhi tingkat keamanan dan kenyamanan sesuai standar, kendaraan bermotor juga dituntut mengeluarkan emisi gas buang yang rendah dan hemat bahan bakar,” ungkap Kepala BPPT, Marzan A Iskandar pada acara The Readiness of BPPT Facilities to Support the National Automotive Industry atau Kesiapan Fasilitas BPPT Dalam Mendukung Pengembangan Industri Otomotif Nasional di Puspiptek Serpong (15/5).

 

Tuntutan tersebut, lanjut Marzan, mengharuskan industri otomotif nasional harus melakukan inovasi yang berkelanjutan khususnya didalam teknologi motor bakar (engine). Dalam pelaksanaannya tentunya perlu ada keterlibatan dan peran aktif pemerintah agar kegiatan R&D yang high cost dan high risk bisa dilakukan di dalam negeri secara resource sharing untuk meningkatkan daya saing industri dan kemandirian bangsa.

Sejalan dengan misi BPPT dalam meningkatkan peran instansi pemerintah dalam mendukung daya saing industri, BPPT didukung dengan fasilitas 18 laboratorium yang tersebar di beberapa wilayah dan 12 diantaranya terletak di Puspiptek Serpong. Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP-BPPT) merupakan salah satu Laboratoria BPPT yang berperan dalam upaya meningkatkan daya saing industri otomotif nasional.

BTMP yang dirintis pendiriannya sejak tahun 1987 ditujukan untuk mendukung proses tranformasi teknologi otomotif nasional. BTMP-BPPT memiliki tiga kompetensi inti yaitu termodinamika, motor bakar dan propulsi. Selain SDM yang handal, BTMP di bidang teknologi motor bakar dilengkapi dengan fasilitas seperti peralatan uji kendaraan bermotor dan komponen-komponennya seperti engine, transmisi, radiator, serta untuk untuk pengujian bahan bakar dan pelumas otomotif.

“Sejak tahun 2005, BTMP-BPPT telah ditunjuk pemerintah menyelenggarakan uji tipe emisi gas buang untuk kendaraan baru sesuai standar Euro-2. Seiring dengan perkembangan regulasi emisi di kawasan regional yang telah mengadopsi standar emisi yang lebih tinggi yaitu Euro-3 dan Euro-4, maka BPPT mengantisipasi perkembangan tersebut dengan menyediakan fasilitas uji emisi baru sesuai standar Euro-4 untuk mendukung industri otomotif nasional  memasuki pasar global. Fasilitas uji emisi standar Euro-4 BTMP dapat digunakan untuk kendaraan bermotor dengan GVW hingga 3,5 ton,” ungkap Marzan.

Selain peralatan uji emisi hingga Euro 4,  BTMP-BPPT telah dilengkapi pula dengan fasilitas uji Chassy Dynamometer untuk kendaraan penggerak empat roda (Four-Wheel-Drive). Hal ini dilakukan untuk mendukung tumbuhnya pasar nasional kendaraan penggerak empat roda seiring dengan pertumbuhan industri dalam sektor pertanian, perkebunan dan pertambangan. Peralatan baru lain adalah VT-SHED yang digunakan untuk uji emisi penguapan pada kendaraan bermotor. Uji emisi penguapan merupakan salah satu item pada tipe uji untuk kendaraan bermotor baru berdasarkan regulasi UN-ECE R 83.

BTMP-BPPT saat ini juga telah dilengkapi dengan Dynamometer Transient yang digunakan pada uji emisi UN-ECE R-49 dengan ambang batas Euro 4 dan pengujian lain seperti durability test komponen mesin. BTMP-BPPT juga sudah melakukan upgrading beberapa software dan peralatan tambahan untuk pengujian maupun untuk kebutuhan desain mesin dan komponennya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BTMP, Rizqon Fajar mengungkapkan bahwa acara tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan misi untuk mendukung upaya Indonesia dalam meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa khususnya dalam bidang otomotif. “Maksud dan tujuan acara ini adalah untuk memperkenalkan kemampuan fasilitas dan SDM BTMP untuk mendukung industri otomotif nasional,” urainya.

Hadir pula pada acara tersebut perwakilan Duta Besar Austria untuk Indonesia, AVL Company, dan beberapa industri otomotif nasional. Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke fasilitas BTMP Serpong. (SYRA/humas)


Newer news items:
Older news items:

Add comment


Security code
Refresh

JL. MH.Thamrin no.8 , Jakarta Pusat 10340